RSUD Raja Ahmad Tabib Gelar Pelatihan Komunikasi Efektif untuk Tingkatkan Mutu Pelayanan

Tanjungpinang, 3 Desember 2024 – Dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan yang professional dan berkualitas, RSUD Raja Ahmad Tabib menyelenggarakan In House Training bertajuk “Komunikasi Efektif” pada 18-19 November 2024 Untuk Pegawai dan 2-3 Desember 2024 untuk Tenaga Security dan Cleaning Service di Ruang Aula RSUD Raja Ahmad Tabib. Pelatihan ini merupakan langkah strategis yang diinisiasi oleh Bidang Diklat Litbang bekerja sama dengan Bidang Keperawatan dan Bidang Pelayanan Medik, dengan tujuan memperkuat kompetensi komunikasi di kalangan tenaga medis dan non medis, penunjang, dan manajemen rumah sakit.

Komunikasi efektif memegang peranan penting dalam asuhan pasien, baik kepada pasien dan keluarganya maupun antar pemberi asuhan profesional. Komunikasi yang tepat, akurat, lengkap, tidak ambigu, dan dapat dipahami oleh penerima pesan, sangat diperlukan untuk meminimalkan potensi kesalahan dan meningkatkan keselamatan pasien.

Direktur RSUD Raja Ahmad Tabib, dr. Bambang Utoyo,M.A.P., menyampaikan bahwa pelatihan ini merupakan bagian dari komitmen rumah sakit dalam memberikan pelayanan prima. “Keberhasilan rumah sakit tidak hanya bergantung pada kecanggihan peralatan dan kenyamanan fasilitas, tetapi juga pada mutu komunikasi yang mendukung keselamatan pasien. Oleh karena itu, pelatihan ini sangat penting untuk memastikan pelayanan yang lebih baik dan responsif,” ujarnya.


Pelatihan ini diikuti oleh 40 peserta yang terdiri dari tenaga medis, tenaga penunjang, serta staf manajemen. Tujuan utamanya adalah agar peserta mampu memberikan informasi dan edukasi yang efektif sebagai bagian dari kepuasan pasien.

Secara khusus, pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman peserta mengenai pentingnya komunikasi dalam tugas sehari-hari, meningkatkan kemampuan komunikasi antar profesional pemberi asuhan, mendorong penerapan edukasi yang baik dalam pelayanan pasien,melatih keterampilan handling complain (penanganan keluhan) secara professional, memperkenalkan teknik pelaporan SBAR (Situation, Background, Assessment, Recommendation).

Tahapan komunikasi di rumah sakit dimulai sejak pasien pertama kali datang dan berinteraksi dengan petugas rumah sakit, seperti sekuriti, perawat, dokter, hingga tenaga penunjang lainnya. Untuk memastikan informasi dan edukasi yang diberikan dapat dipahami dengan baik oleh pasien dan keluarga, dilakukan proses evaluasi secara berkala.

Dengan pelatihan ini, RSUD Raja Ahmad Tabib optimis dapat terus meningkatkan mutu pelayanan kesehatan, seiring dengan meningkatnya tuntutan masyarakat terhadap pelayanan yang professional,cepat, mudah, dan berkualitas.

Tim Kerja Informasi & Pemasaran:

– Instagram & Facebook: RSUD Raja Ahmad Tabib

– Situs Web : rsudtpi.kepriprov.go.id

– Layanan Pelanggan : 081275812812 (Whatsapp)

– Layanan Informasi : (0771) 733 5201

Leave a Reply

Your email address will not be published.