25
Jul

PIT STOP “Wahana untuk mengenalkan akreditasi”

  • Author: Subbag Informasi & Pemasaran RSUD RAT_ZAO

Akreditasi Rumah Sakit adalah suatu pengakuan yang diberikan oleh pemerintah pada menejemen rumah sakit, karena telah memenuhi standar yang telah ditetapkan dengan tujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan. Sesuai dengan UU No. 44 Tahun 2009 bahwa dalam upaya peningkatan mutu pelayanan rumah sakit wajib dilakukan akreditasi secara berkala minimal 3 tahun sekali. Kegiatan pitstop adalah suatu kegiatan / wahana untuk mengenalkan kepada khalayak tentang akreditasi. Dengan kegiatan tersebut diharapkan seluruh karyawan RSUD Raja Ahmad Tabib Provinsi Kepulauan Riau dapat mengerti dan memahami tentang akreditasi dan dapat melaksanakannya sehingga pelayanan yang bermutu bagi pasien dapat terwujud. Untuk kembali membangkitkan pemahaman pegawai tentang akreditasi maka RSUD Raja Ahmad Tabib menyelenggarakan kegiatan PIT STOP, dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman pegawai mengenai akreditasi dan survey akreditasi. Sasaran kegiatan adalah seluruh pegawai dan diselenggarakan dua hari (17 - 18 Juli 2019) di Ruang Aula, dengan Metode Kegiatan Tanya jawab dan edukasi. Untuk pelaksanaan kegiatan tanya jawab dan edukasi terdiri dari beberapa Materi pokok, Antara lain SKP (Sasaran Keselamatan Pasien), Peserta dapat memahami prosedur identifikasi pasien, memahami macam-macam gelang pasien, memahami prosedur pemasangan dan pelepasan gelang pasien, memahami prosedur komunikasi efektif ( TULBAKON, SBAR), mengetahui macam-macam obat High Alert dan LASA, memahami prosedur pengelolaan obat High Alert dan LASA, mengetahui prosedur tepat pasien (identifikasi pasien), tepat prosedur, tepat lokasi pasien operasi. Tepat lokasi (site marking), Tepat prosedur (sign in, time out, sign out), memahami prosedur assesment awal resiko jatuh, memahami prosedur assesment ulang resiko jatuh, mampu melaksankan tata laksana pada pasien dengan resiko jatuh Materi selanjutnya PPI ( Pencegahan dan Pengendalian Infeksi ) dan Hand Hygiene, diharapkan peserta mampu melakukan 6 langkah cuci tangan sesuai prosedur, mampu menyebutkan five moment cuci tangan, menjelaskan etika batuk, HAIS, Pengelolaan Alat Steril. Untuk PMKP ( Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien) materi terdiri dari Mutu, Insiden Keselamatan Pasien, Manajemen Risiko, dan yang terakhir K3RS (Kesehatan dan Keselamatn Kerja Rumah Sakit) memahami tentang APAR (Alat Pemadam Api Ringan), memahani Alat Pelindung Diri (APD) dan meteri Materi Pelaporan Insiden. Peserta adalah (Pegawai RSUD Raja Ahmad Tabib) dibagi menjadi 14 kelompok dan 14 sesi, dalam setiap sesi di bagi kelompok kecil yang terdiri dari 14 orang. Setiap kelompok akan menghadapi 14 pos secara bersamaan dan di setiap pos peserta akan diberikan pertanyaan dan edukasi selama 3 menit, dan setiap 3 menit peserta akan berpindah ke pos selanjutnya hingga peserta menjawab pertanyaan dan mendapatkan edukasi dari 14 pos yang ada. Bagi peserta yang mendapat nilai tertinggi 1, 2 dan 3 akan mendapatkan hadiah dari panitia. Sekretaris sekaligus ketua panitia PIT STOP, Citra Resmi Wulandari menyampaikan harapannya “ Semoga seluruh staff mengetahui standard standrard pelayanan terutama yang menunjang mutu dan keselamatan pasien, dan mengimplementasikan dalam pelayanan ke pasien, dan kembali memperoleh Paripurna”.