PENUNJANG MEDIK



Terletak di lantai 2, Instalasi Laboratorium RSUD Raja Ahmad Tabib memegang peranan penting untuk pemeriksaan penunjang dalam rangka mendukung penegakkan diagnosa penyakit. RSUD Raja Ahmad Thabib memiliki Laboratorium terpadu yang terdiri:
1. Laboratorium Patologi Anatomi ( PA ), adalah laboratorium kesehatan yang melaksanakan pelayanan di setiap hari dan jam kerja, dengan jenis layanan FNAB, Papsmear, Sitologi cairan & Histopatologi, Imunohistokimia. Jenis layanan pemeriksaan ini sebagai upaya untuk deteksi dini suatu penyakit apakah itu infeksi atau tumor, seperti papsmear untuk deteksi dini serviks, menegakkan diagnosa pasti suatu tumor melalui histopatologi jaringan, dan membuat prognosa serta memberikan kepastian jenis kemotrapi tumor ganas pada pemeriksaan imunohistokimia, dan Ikut membantu sebagai awal menentukan penatalaksanaan benjolan selanjutnya, pelaksanaan FNAB dalam hal ini dilakukan, serta sitologi cairan pada paru/asites, dll. Serta menentukan saat operasi pada pasien dengan tumor tersebut jinak atau ganas sehingga perluasan dan kedalaman daerah operasi dilakukan atau tidak dengan cara Frozen section.
2. Laboratorium Klinik ( PK ), merupakan organisasi yang cukup besar dengan jumlah Sumber Daya Manusia (SDM) sebanyak 21 orang pada tahun 2019. Yang terdiri dari tenaga medis, Spesialis Patologi Klinik, Ahli Teknologi Laboratorium Medik, tenaga perawat dan tenaga Administrasi. Waktu layanan Setiap hari 24 jam, dengan kualitas dan kuantitas SDM secara umum telah memadai. Jenis layanan yang tersedia Hematologi, Urinalisa, Kimia klinik, Feses rutin, Elektrolit, Analisa gas darah, Narkoba, Analisa sperma, Hemostatis,
3. Laboratorium Microbiologi Klinik Memberikan pelayanan yang berupa pemeriksaan kepuasan langsung. Identifikasi mikroba penyebab infeksi dengan pemeriksaan mikroskopis guna melihat keberadaan jamur, parasite, bakteri penyebab suatu penyakit. Jenis layanan yang kami sediakan antara lain, pemeriksaan gram, pemeriksaan mikroskopis BTA dan tes cepat molekuler.



Unit Radiologi ini terletak di lantai satu, dimana Radio diagnostik merupakan unsur penunjang pelayanan medik untuk mendukung keakuratan penegakan diagnosa penyakit pasien, dibawah penanganan Dokter Spesialis Radiologi dan Radiografer yang berpengalaman. Adapun pemeriksaan yang bisa dilakukan adalah pemeriksaan Rontgen Konvensional, Rontgen dengan kontras, USG, CT-Scan kontras dan tanpa kontras, panoramic, mamografi, MRI. Selain melayani pemeriksaan dari dalam Rumah Sakit, Instalas Radiologi juga melayani pemeriksaan dari luar Rumas Sakit. Hal ini di karenakan Rumah Sakit memiliki peralatan yang cukup memadai dan didukung dengan adanya Dokter Spesialis Radiologi

RSUD Raja Ahmad Tabib menyelenggarakan Unit Transfusi Darah Rumah sakit yang terintegrasi dengan Bank Darah Rumah Sakit sebagai salah satu upaya mewujudkan pelayananan kesehatan rujukan yang komprehensif, sehingga diharapakn dapat terpenuhi nya kebutuhan darah bagi pasien rumah sakit khususnya maupun masyarakat Kepualauan Riau secara umum. Tujuan UTDRS yaitu mampu melayani pasien rumah skait yang membutuhkan darah melalui promosi dan rekrutmen pendonor, pengambilan darah donor, penyimpanan darah hingga mendistribusikannya kepada pasien rumah sakit yang membutuhkan. Dengan visi, menjamin pelayanan darah yang aman, cepat dan tepat dan Misi, menjamin ketersediaan darah yang aman dan sistim pelayanan yang cepat serta tepat, melalui:
• Pelestarian donor darah sehat yang berkesinambungan
• Pengambilan darah yang aman dan nyaman
• Pengolahan komponen dan penyimpanan darah yang tepat
• Pengamanan darah yang optimal
• Pendistribusian darah yang tepat dan sesuai kebutuhan.



Instalasi Farmasi RSUD Raja Ahmad Tabib, berlangsung selama 24 jam terus menerus keseluruh bagian terkait, oleh sebab itu menjadi satu unit layanan yang menunjang pelayanan kesehatan yang bermutu, berorientasi pada penyediaan, penyimpanan, peracikan, pendistribusian dan pelayanan farmasi lainnya sesuai dengan pedoman pelayanan kefarmasian (Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No 58 tahun 2014 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit), dengan menjamin mutu, akurasi, ketersediaan obat serta pengawasan tanggal kadaluarsa dilaksanakan secara ketat dan terintergrasi guna memberikan layanan yang optimal. Keunggulan dari unit farmasi RSUD Raja Ahmad Tabib adalah Pelayanan farmasi klinis dimana dalam pelayanan nya mengutamakan keselamatan pasien dengan cara mengkaji pengobatan pasien, memberikan rekomendasi yang dibutuhkan kepada tenaga kesehatan, memantau efek amping obat/ alergi obat, melaksanakan konseling dan pelayanan informasi obat.
Instalasi farmasi di RSUD Raja Ahmad Tabib membagi pelayanan pada titik lokasi dan waktu pelayanan yang berbeda:
1. Depo Farmasi Sentral menerapkan pelayanan resep rawat jalan dan rawat inap selama 13 jam ( 08.00-21.00) berada di lantai 1,
2. Depo Farmasi IGD menerapkan pelayanan resep IGD dan rawat inap selama 24 jam, berada di IGD,
3. Depo Farmasi ICU/OK menerapkan pelayanan resep ruangan ICU dan OK pada Senin-Kamis pukul 08.00-16.00 dan hari jumat pada pukul 08.00-15.00, berada di lantai 3,
4. Perbekalan Farmasi melakukan pelayanan pada : Senin – Kamis jam 08.00-16.00, dan jumat 08.00-15.00, berada di lantai 1.



Rumah sakit selain merupakan pusat rujukan medik, juga berpotensi terhadap resiko penularan infeksi yang terjadi pada pasien selama perawatan di rumah sakit atau fasilitas pelayanan yang sering disebut Health Care Infection (HAIs). Salah satu langkah dalam pencegahan dan pengendalian infeksi adalah melalui sterilisasi. Sterilisasi adalah suatu proses pengolahan alat atau bahan yang bertujuan untuk menghancurkan semua bentuk kehidupan mikroba termasuk endospore dan dapat dilakuakn dengan proses kimia atau fisika. Dalam rangka mengoptimalkan pelayanan sterilisasi maka RSUD Raja Ahmad Tabib menyediakan pusat pelayanan sterilisasi yang fungsi utamanya menyiapkan alat alat steril serta bahan medis pakai steril untuk keparluan perawatan pasien di Rumah Sakit. Pusat pelayanan sterilisasi tersebut dikenal dengan Central Sterile Supplay Department (CSSD)