PELAYANAN MEDIK



Hemodialisa adalah salah satu terapi pengganti ginjal yang menggunakan alat khusus dengan tujuan mengatasi gejala dan tanda akibat LPG yang rendah sehingga diharapkan dapat memperpanjang usia dan meningkatkan kualitas hidup pasien, dilakukan 10-12 jam seminggu atau 2 kali seminggu selama 4-5 jam. Hemodialisa dilakukan dengan menggunakan sebuah mesin yang dilengkapi dengan membran penyaring semi permiabel ( ginjal buatan) yang memindahkan produk produk limbah yang terakumulasi dari darah ke dalam mesin dialysis. Pada mesin dyalisis, cairan dialirkan dipompa melalui salah satu sisi membran filter ( ginjal buatan). Ruang ligkup kegiatan pokok pelayanan Hemodialisa di RSUD Raja Ahmad Tabib terdiri dari : Pelayanan Hemodialisa Rawat jalan dan Pelayanan Hemodialisa Emergency / Cyto / Segera. Dengan tenaga medis yang telah bersertifikat hemodialisa. Untuk pelayanan di RSUD dilaksanakan setiap hari Senin-Sabtu, pukul: 06.00-17.00 WIB. Yang terbagi dalam dua jadwal dinas :
1. Shift Pagi : Pukul 06.00-13.00 WIB
2. Shift Siang : Pukul 10.00-17.00 WIB



Instalasi bedah sentral adalah bagian dari Rumah Sakit yang meberikan pelayanan pembedahan, anastesi, sedasi ringan, sedang dan dalam untuk memenuhi kebutuhan pasien baik untuk tindakan elektif maupun emergensi di luar jam kerja, dilengkapi peralatan yang memadai dan juga di dukung oleh SDM yang memiliki sertifikasi dan pelatihan yang khusus di bidangnya serta memenuhi persyaratan dan standar rumah sakit, nasional, undang undang yang berlaku. Melayani perawatan pasien operasi selama 24 jam dengan jenis pelayanan Dokter Spesialis Bedah. Jenis Layanan bedah yang tersedia : Bedah Umum, Bedah Mulut, Bedah Syaraf, Bedah Urologi, Kulit Kelamin, Obgyn, Ortopedi, THT, Mata, Endoskopy, Bronchopy, Laparoscopy. Dengan jenis atau klasifikasi pasien yang dilayani : pasien umum ( bayar sendiri), pasien BPJS, dan pasien dengan jaminan asuransi lainnya. Kapasitas kamar Operasi di Instalasi bedah sentral adalah 6 kamar operasi bedah dan satu (1) kamar endoscopy/ bronchoscopy. Dengan pembagian 4 kamar operasi bedah umum, obgyn, THT, Bedah mulut, Kulit kelamin, serta bedah syaraf. Satu (1) kamar operasi untuk operasi mata, dan satu (1) kamar operasi orthopedic yang dilengkapi C-Arm.



Merupakan pelayanan kesehatan terhadap gangguan fisik dan fungsi yang diakibatkan oleh keadaan / kondisi sakit, penyakit, cedera, melalui paduan intervensi medik, keterampilan fisik dana tau rehabilitative untuk mencapai kemampuan fungsi yang optimal. Berbagai penyakit yang perlu tindakan Rehabilitasi medik:
• Nyeri otot dan sendi
• Nyeri syaraf
• Rematik
• Pasca Stroke
• Gangguan tumbuh kembang
• Cerebral palsy
• Post fraktur/ patah tulang.